Headlines News :
Home » » Semarang Dilanda 'Krisis' Tenaga Pengajar

Semarang Dilanda 'Krisis' Tenaga Pengajar

Written By semarangonline on Senin, 04 Februari 2013 | 22.35

UNGARAN -- Kota Semarang, Jawa Tengah mengalami ‘krisis’ guru alias tenaga pengajar, menyusul bertambahnya jumlah pegawai negeri sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun.



Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab setempat, hingga tahun 2013 ini sedikitnya sudah ada 1.168 PNS yang telah memasuki masa pensiun.

Rinciannya, tahun 2011 sebanyak 336 orang, tahun 2012 sebanyak 413 PNS. “Untuk tahun 2013 ini masih ada 419 PNS yang memasuki masa pensiun,” terang Kepala BKD Kabupaten Semarang, Budi Kristiyono, Senin (4/2).

PNS yang akan memasuki masa purna tugas tahun ini tersebar di sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Dari jumlah 413 orang PNS tersebut didominasi tenaga pengajar.

Ini tak lain karena 60 persen PNS di Kabupaten Semarang merupakan guru. “Banyaknya PNS pensiun tersebut mengakibatkan adanya kekurangan pegawai terutama guru,” terangnya.

Budi menyebutkan jumlah guru yang pensiun pada tahun 2011 mencapai 195 orang. Sedangkan di tahun 2012 sebanyak 211 orang. “Sementara jumlah guru yang akan memasuki masa pensiun pada tahun 2013 ini mencapai 214 orang guru,” imbuhnya.

Lantaran kekurangan guru, Budi mengungkapkan pihaknya telah mengajukan pengadaan CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan BR) sebanyak  1.963 formasi.

Formasi itu meliputi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan administrasi umum. Usulan pengadaan CPNS tersebut berdasarkan analisa jabatan.

Khusus untuk kekurangan guru PNS ia berharap bisa diisi tenaga honorer kriteria dua maupun reguler (umum). “Untuk tenaga honorer lewat proses seleksi dari konsorsium perguruan tinggi negeri yang ditunjuk Kemenpan,” ujar Budi.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SemarangOnline.com | Situs Berita Seputar Semarang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger